Surabaya nyhartono1@gmail.com 0851 0172 3707 | WA: 0812 3021 6977 | PIN BB: 5B341645 | IG: nyhartono_kitchen

Lapis Surabaya Ny. Hartono

8 Oleh-oleh khas Surabaya Favorit Artis

Anda sedang berada di kota Pahlawan dan sedang mencari oleh oleh khas kota Surabaya ini? Bisa dinikmati sendiri, atau  juga bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah kan :).

Sudah puas jalan-jalan mengeksplor kota Surabaya? Sekarang bingung mau bawain apa untuk keluarga atau teman di rumah? Tenang, kita akan bahas di bawah ini oleh-oleh yang bisa Anda beli. Bahkan tidak hanya masyarakat umum, kalangan artis pun menyukai beberapa di antaranya dan menjadikannya sebagai oleh-oleh favorit.

Bicara soal oleh-oleh khas Surabaya ada beberapa antara lain yang bisa Anda coba.

Oleh oleh khas Surabaya itu ada banyak macamnya, terutama dari segi kuliner. Mulai dari kuliner kelas berat yang mengenyangkan atau sekedar camilan ringan, semua ada. Mau apa tinggal pilih. Anda pun bisa menyantap jajanan khas Surabaya on the spot ataupun dibungkus sebagai oleh-oleh.

Mengenai oleh-oleh dan kuliner, Surabaya memang tidak kalah populer dari kota-kota besar lainnya. Saking populernya, bahkan para artis pun mengaku punya oleh-oleh yang wajib dibeli saat melancong ke Surabaya. Memang kurang afdol bila pergi ke Surabaya tanpa membeli buah tangan. Lantas apa saja oleh-oleh khas yang bisa dibeli saat mampir ke Surabaya? Berikut diberikan 8 oleh-oleh Surabaya favorit para artis:

1. Rujak Cingur

Mengulas kuliner khas Surabaya, pastinya tidak jauh-jauh dari rujak cingur. Makanan yang satu ini pun terbilang unik. Keunikan tersebut bisa Anda temukan dari komposisi isianya.

rujak cingur surabaya

Rujak Cingur – Picture taken from TripAdvisor

Seperti namanya, makanan khas Surabaya ini menggunakan cingur yang merupakan hidung kerbau atau sapi sebagai bahan utama.

Cingur direbus, dipotong-potong, lalu dicampurkan dengan bahan lain seperti aneka sayur, aneka buah, dan lontong.

Isian rujak cingur dijamin komplit. Cingur sebagai komposisi utama dicampur bahan lain seperti kangkung, kacang panjang, taoge, bendoyo, timun, kedondong, nanas, mangga muda, bengkoang, lontong, tahu, dan tempe.

Semua bahan tersebut dicampur lalu disiram bumbu kacang yang dibuat dari campuran kacang goreng, cabai, petis udang, dan beberapa macam bahan rahasia lain. Konon petis udang itulah yang menyumbang rasa spesial dalam bumbu kacang.

Rujak cingur biasa disajikan dengan tambahan kerupuk di atas pincuk daun. Tertarik untuk mencoba? Pastinya enak di santap di tempat ataupun dibungkus sebagai oleh-oleh khas Surabaya untuk keluarga di rumah.

2. Semanggi Surabaya

Semanggi merupakan jenis tanaman yang mana bagian daunnya dapat dimakan. Jadi tidak beda seperti bayam, kangkung, daun pepaya, atau dedaunan yang lain. Adapun semanggi Surabaya biasa diolah menjadi hidangan pecel semanggi yang khas.

semanggi surabaya

Semanggi Suroboyo – Pciture taken from CNN Indonesia

Mula-mula daun semanggi dikukus sampai empuk. Selanjutnya semanggi disajikan bersama dengan kangkung, kecambah, kerupuk uli, dan bumbu yang dibuat dari ketela rambat.

Sebagai sentuhan akhir, pecel lalu disiram bumbu kacang yang membuat rasanya makin mantap.

Cara pengolahan pecel semanggi yang masih tradisional disinyalir memberi nilai tambah pada cita rasanya.

Tidak heran bila semanggi Surabaya menjadi salah satu kuliner yang wajib coba. Sayangnya, oleh-oleh khas Surabaya ini sekarang cukup sulit ditemui.

Beberapa ibu-ibu penjual masih bisa ditemui menggendong jualan semanggi Suroboyonya di beberapa jalan dan kampung kota Surabaya, hanya sudah tidak banyak lagi. Mereka berjalan atau duduk dengan dagangannya dengan membandrol harga antara 5000 – 10.000 rupiah.

Kalau Anda ke restoran yang mempunyai menu Semanggi Suroboyo, pasti harganya lebih mahal lagi.

3. Lontong Balap Surabaya

Satu lagi kuliner Surabaya yang menjadi ikonik, yaitu lontong balap Surabaya. Disebut lontong balap konon karena sang penjual menggunakan pikulan seperlu menjajakan dagangannya berkeliling. Karena beban pikulan yang berat, si penjulan mesti berjalan cepat seperti orang yang sedang balapan lari.

Namun, ada pula versi cerita yang menyebutkan dulu para penjual lontong balap saling berdagang berjejeran. Penjual yang satu dengan yang lainnya saling berlomba agar bisa selesai lebih cepat, seperti balapan meracik lontong balap. Jadi disebutlah dengan lontong balap.

lontong balap

Lontong Balap – Picture taken from EastJava.com

Satu porsi lontong balap biasanya terdiri dari irisan lontong, tahu goreng, lentho (kacang hijau atau kacang merah yang diuleg bersama bumbu), tauge, dan bawang goreng yang kemudian disiram dengan kuah khusus.

Jangan heran karena biasanya lontong balap disajikan dengan tauge yang sangat banyak.

Bagi Anda yang suka pedas, rasa lontong balap dijamin semakin nikmat bila ditambahkan sambal dan kecap.

Biasanya sate kerang juga ditambahkan sebagai pelengkap. Tidak heran bila makan satu porsi kuliner khas Surabaya ini dijamin membuat kenyang dan ketagihan.

Lontong balap yang terkenal di kota Pahlawan ini salah satunya adalah lontong balap Garuda.

4. Kerupuk Ikan Kenjeran

Pantai Kenjeran yang berada di Surabaya memiliki hasil laut berupa ikan yang amat melimpah. Hal inilah yang memancing warga sekitar untuk kreatif memanfaatkan bahan pangan yang tersedia.

Kerupuk Ikan Kenjeran – Picture taken from pegipegi

Adapun salah satu hasil olahan ikan tersebut berupa aneka kerupuk yang populer disebut kerupuk ikan kenjeran.

Kerupuk ikan kenjeran memiliki aroma yang khas. Wajar memang karena bahan utama yang dibutuhkan berupa seafood.

Kerupuk biasanya dijual dalam keadaan mentah, tetapi banyak pula yang dijual matang siap santap.

Ada bermacam warna sesuai bahan utama yang digunakan.

Misal kerupuk yang berwarna hitam dibuat dari cumi-cumi, kerupuk warna hijau dibuat dari rumput laut, sementara kerupuk warna cokelat dibuat dari kerang.

Sangat lengkap dan cocok dibeli sebagai oleh oleh khas Surabaya. Buat Anda dan rombongan yang sedang di Surabaya, jangan lupa mampir ke Pantai Kenjeran dan beli kerupuk ikan yang Anda suka.

5. Almond Crispy

Almond Crispy adalah salah satu oleh oleh khas Surabaya yang sedang nge-hits sekarang ini. Komposisi Almond Crispy terdiri dari telur, tepung, susu bubuk, gula dengan almond dan keju sebagai topping.

almond crispy cheese

Almond Crispy Cheese – Pict taken from indonesiayoungentrepreneurs

Bahan-bahan yang digunakan memang cukup sederhana. Cara pembuatanya pun terbilang praktis.

Meskipun demikian, jajanan kota pahlawan ini dijamin bisa menggoyang lidah tiada hentinya.

Almond Crispy sendiri ditawarkan dalam 3 varian rasa utama yaitu cokelat, original cheese, dan green tea.

Ketiga varian rasa tersebut sama-sama enak. Sekali gigit pasti ketagihan. Almond Crispy memiliki tekstur yang renyah dan tipis. Sekiranya menjadi pendamping yang pas saat minum teh atau kopi di senja hari.

6. Kue Bikang

Surabaya juga dikenal dengan oleh-oleh kue bikang. Kue ini memiliki aroma yang sangat harum dengan warna-warna yang menggoda mata. Bahkan di beberapa spot pembuatan kue bikang, pengunjung diperbolehkan melihat langsung proses pembuatan.

kue bikang surabaya

Kue Bikang Surabaya – Pict taken from suarasurabaya

Tidak hanya itu saja. Pengunjung juga boleh mencicipi kue bikang hangat yang baru selesai dibuat. Pastinya sangat lezat.

Sekilas pandang bikang Surabaya mungkin terlihat sama dengan bikang pada umumnya. Namun, setelah gigitan pertama pastikan Anda akan menemukan perbedaannya.

Bikang Surabaya dikenal beraroma gurih dengan rasa yang legit. Bagian bawah cukup garing yang mana meninggalkan bebas perpaduan rasa manis dan gurih yang semakin nyata.

Kue bikang yang terkenal di Surabaya bisa Anda dapatkan di jalan Peneleh Surabaya.

7. Kue Blinjo

Oleh -oleh khas Surabaya berikutnya adalah kue blinjo. Kue yang satu ini pun termasuk kue khas Surabaya yang dibuat dengan bahan pilihan mengikuti resep kuno. Adapun komposisi kue blinjo diantaranya yaitu tepung, kacang mede, telur, mentega, gula, minyak nabati, dan garam.

Kue blinjo khas Surabaya memiliki tekstur yang lembut bin halus. Biasanya kue blinjo pun dijual dalam bentuk kemasan cantik yang bisa dibeli sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta.

8. Spiku/Lapis Surabaya

Spiku adalah kue lapis lezat khas Surabaya. Beda dengan kue lapis pada umumnya. Spiku biasanya terdiri dari 2 atau 3 lapisan warna yaitu warna kuning, cokelat, kuning.

lapis surabayaMengenai rasa tidak perlu diragukan lagi. Lapis Surabaya mempunyai rasa manis dengan tekstur lembut. Hal ini  karena komposisi bahannya memang menggunakan banyak telur.

Tidak heran, saat digigit dan dikunyah spiku khas Surabaya terasa begitu legit.

Untuk lapis Surabaya yang lezat dan tanpa pengawet, Anda bisa coba spikoe Ny. Hartono.

Lapis kuning dan coklatnya yang lembut, moist, berpadu sempurna dengan selai ataupun coklat di tengahnya membuat lidah Anda menari-nari untuk minta lagi dan lagi.

Beberapa artis soleh oleh khas surabayaeperti Dewi Sandara dan Laudya Chintya Bella pun menggemari spiku Ny. Hartono.

Spiku Ny. Hartono adalah satu-satunya pilihan tepat oleh oleh khas Surabaya bagi Anda dan keluarga yang mengutamakan kesehatan.

Ayo, buat Anda yang penasaran segera telpon dan order ya..

Nah, itulah beberapa pilihan oleh-oleh yang menjadi favorit para artis. Dari segi rasa tentu tidak perlu ada keraguan. Dijamin membuat ketagihan dan mengajak Anda untuk kembali lagi ke kota pahlawan.

Lantas kira-kira apa oleh-oleh khas Surabaya yang menjadi favorit Anda?

Order sekarang oleh oleh khas Surabaya Spiku Ny. Hartono:

Telp 0851 0172 3707 | WA: 0812 3021 6977 | PIN BB: 5B341645

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please wait...

Subscribe to our newsletter & win Lapis Surabaya!

Mau dapat updates Lapis Surabaya Ny. Hartono? Plus artikel kue-kue terbaru dan diskon gedenya? Masukkan alamat email dan nama Anda di bawah ini sekarang.